Pages

Friday, September 28, 2012

18 September: Welcome Meeting & Basecamp

Hari berikutnya, yaitu hari selasa, induction khusus untuk semua mahasiswa internasional dimulai dengan welcome meeting. pesertanya gabungan semua level studi, undergraduate, PGDip, master dan PhD. woww...banyak banyak banget mahasiswa yang belajar disini, dan ini baru dari luar Inggris. di kampus Canterbury aja berdasarkan data tahun 2011 ada hampir 16ribu mahasiswa, tepatnya 15,885. jumlah ini belum termasuk mahasiswa yang berada di kampus Medway, di Brussel maupun di Paris. lho kok ada di Brussel dan Paris segala? aha belum tahu pasti kalau University of Kent memang punya dua kampus di luar Inggris, makanya univ ini jargonnya The UK's European University. 

Kembali ke welcome meeting, emang isinya apaan ya? welcome meeting ini yang jelas adalah ucapan selamat datang kepada semua mahasiswa internasional di uni of kent, di Inggris bersuhu dingin, berlaku terutama bagi mahasiswa dari negara tropis dan pemaparan tentang kehidupan di Kent atau di kota Canterbury secara umum. salah satu contoh yang diberikan adalah etika saat memesan makanan atau minuman. setiap kali memesan sesuatu, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan kata "please". misalnya, "can I have a glass of orange juice, please?" trus setelah pesanan kita diberikan, musti langsung bayar, jadi ga ada istilah bayar di belakang klo dah mo pulang. tapi kalau makan di restoran mungkin bayarnya tetap di akhir kali ya.

ga nyangka si moe dari the simpsons nyampe Kent juga :p

Selesai welcome meeting, aku pulang bersama haqi dan greg. oh ya, pada nanya ga sih kok jalannya sama anak2 Indonesia aja? ya mumpung kuliah belum mulai jd masih blum sibuk sendiri2, trus beberapa hal juga seperti buka rekening bank enakan kalo bareng dan hey jumlah mahasiswa Indonesia disini tuh termasuk dikit dibanding di kota lain di Inggris seperti Manchester, Edinburgh dan London. kalo di Canterbury paling banyak tuh kayaknya sekitar 12-15 orang, masih kalah sama negeri tetangga, Malaysia, apalagi sama China., duuh jauh, mereka ada dimana-mana disetiap arah mata memandang. 

Greg dan haqi tinggal di akomodasi kampus, sedangkan aku di luar kampus. kenapa memilih di luar kampus? emm... kalo tinggal di kampus tuh rasanya gimana ya.., dunia rasanya di seputar kampus aja. lagipula akomodasi kampus agak lebih mahal dibanding di luar kampus. aku beruntung banget dapat kos di daerah yang strategis, hanya 10 menit jalan kaki ke pusat kota Canterbury dan 30 menit kalo mau jalan kaki ke kampus. terima kasih terutama kepada mas Lukman yang sebagai penghuni sebelumnya mengabari tentang rumah ini dan merekomendasikan aku ke pemilik rumah jadi beberapa bulan sebelum berangkat aku udah dapat tempat tinggal jadi ga rempong lagi. kalo kata bart simpson nih, "no fuss no muss" :-) 

oh ya, tahu mas lukman itu dari grup mahasiswa Indonesia di Canterbury di facebook. nemu rumah ini panjang juga jalannya. awalnya aku masuk ke forum yang ada di web PPI United Kingdom http://ppiuk.org/ setelah mendaftar, lalu aku kirim pesan, nanya info tentang mahasiswa di Canterbury. website ini sepertinya hanya aktif untuk kirim berita, sedangkan forumnya sendiri dalam kondisi mati suri., pertanyaanku ga ada yang jawab., huaaa *mewek. di websitenya dikasih link facebook untuk ppi canterbury, tapi ketika diklik malah ke grup ppi canterbury di New Zealand! nah di website juga ada link 'Pesan Abang', yaitu web tulisan-tulisan mahasiswa Indonesia yang belajar di Inggris Raya. jadi aku klik link itu. dari blog Pesan Abang, ada link twitter PPIUK, jadi aku klik link twitter itu dan kemudian mengikuti akun twitter ppiuk. di twitter itulah aku tanya grup fb ppi canterbury. tapi waktu itu dikasihnya hanya grup fb untuk ppiuk. ya udah aku cek ke sana. yaah ternyata itu page ppiuk doang, bukan grup. nanya lagi dong alamat fb grupnya. setelah itu baru deh aku daftar masuk grup itu. setelah diterima, lalu dari ribuan anggota grup, aku cari deh anggota yang di profilnya ada tulisan Canterbury atau University of Kent. ternyata....mata sampai sepet mantengin monitor laptop! jarang banget ada mahasiswa yang di Canterbury atau di Kent dibandingkan dengan universitas2 lain di Inggris. jari telunjuk juga sampai pegel bwat klik 'next page'. tapi kalau kita berusaha pasti ada hasilnya, cieee.. waktu itu aku dapat 4 orang: Hanna, Stephanus, Agoes dan Gianeddo. Keempat2nya aku kirimin pesan, dan 2 orang ternyata udah ga di Canterbury. dari bli Agoes aku dikenalin ke mas Lukman sebelum akhirnya aku resmi gabung di grup PPI Canterbury. fiuhh... *lap keringat di jidat.

basecamp 17 Honeywood Close - haqi dan greg belajar make mesin cuci

Haqi dan greg ikut pulang sama aku karena greg mo numpang nyuci di rumah. mumpung belum ada penghuni lain selain aku dan mas Lukman. mas Lukman sendiri bakalan cao kembali ke tanah akhir hari sabtu tanggal 22 september. sama Greg dan haqi rumah ini didaulat menjadi basecamp mahasiswa Indonesia; tempat ngumpul, tempat makan, tempat ngobrol. alamat rumahnya 17 Honeywood Close, Canterbury CT1 1XF Kent, United Kingdom. kalau ada yg kebetulan sedang di Canterbury, silakan mampir ya :-)


No comments:

Post a Comment