Pages

Sunday, September 30, 2012

Trip to Leeds Castle

Leeds Castle in grey

Ada yang bilang 'cara terbaik menghabiskan waktu di akhir minggu adalah dengan jalan-jalan ke tempat yang indah dan gratis' yesss, sudah pasti aku setuju 100% hihihi. Bagian dari welcome package Universitas Kent untuk mahasiswa internasional selain welcome meeting dan welcome dinner adalah saturday trip to Leeds Castle. Inggris memang terkenal dengan kastilnya, namanya aja United Kingdom, pastinya banyak dong bangunan indah, megah dan gueede tempat tinggal para bangsawan. Leeds Castle adalah satu diantaranya. Jaraknya hanya satu jam naik mobil dari kota Canterbury, jadi sayang banget lah kalau sedang di Kent atau seputaran London tapi tidak mengunjungi kastil ini, terlebih Leeds Castle ini katanya dijuluki "The Loveliest Castle in the World". Benarkah begitu? mari kita tengok bersama.

Walau ngantri tetap gaya ya - Kamar mandi ratu

Ok, namanya memang Leeds Castle, tapi kastil ini adanya di County of Kent, bukan di kota Leeds yang terkenal dengan klub bolanya ya. Kastil ini tepatnya berada di Maidstone, Kent ME17 1 PL atau kalau dari kota Canterbury berjarak satu jam berjalan dengan mobil atau bus. Kastil ini pertama kali di bangun tahun 1276 dan selama beberapa abad menjadi salah satu kediaman bagi keluarga kerajaan Inggris sebelum kemudian dijual ke umum dan menjadi milik pribadi Lady Baillie. Waah Lady Baillie pasti kaya kaya sangat hingga mampu membeli kastil segede ini. Tidak cukup dengan kastil megah dan halaman yang super luas, Lady Baillie memperkerjakan setidaknya dua ahli design seni interior untuk mempercantik Leeds Castle. Menjelang akhir hidupnya, Lady Baillie menyerahkan kastilnya untuk dikelola oleh Leeds Castle Foundation agar dapat dinikmati oleh khalayak umum.

Begitu hujan reda langsung mejeng ;p



Bunga mawar dan para bebek di taman


Yang menarik dari kastil ini menurutku adalah fakta kastil ini pernah menjadi tempat menginap King Henry VIII dan istri pertamanya Lady Catherine of Aragorn, yang lantas mengingatkanku pada salah satu film favoritku yaitu The Other Boleyn Girl. Despite the average rating dan komentar bahwa film ini mengandung informasi sejarah yang kurang akurat, aku tetap suka plot certanya yang intense on familiy ambition and intrigues, ditambah aktor dan aktris yang cakep-cakep :-)

Awetan "The Bird of Paradise"

Hal lain yang menarik adalah satwa khususnya burung banyak sekali menjadi bagian dari dekorasi interior kastil. Bahkan ada satu kamar tidur yang disetiap sudut dindingnya ada patung barung. Aku juga menemukan awetan burung Cendrawasih di salah satu dinding kastil., hmm burung Cendrawasih itu pasti dapatnya dari Papua...

Kalung-kalung anjing bangsawan

Sayangnya hujan di hari itu tidak pernah berhenti mengguyur, walhasil jalan-jalannya tidak puas karena mau foto2 warnanya gelap, mau jalan-jalan di taman dinginnya minta ampun, ya sudahlah pasrah di dalam kastil, abis tu ke kantin dan mampir bentar ke museum kalung anjing. Ajib memang, kalung anjing aja dibuatin museumnya.



No comments:

Post a Comment