Pages

Saturday, September 29, 2012

19 September: bertemu dosen pembimbing

Agenda hari ini adalah bertemu dosen pembimbing jurusan atau programme convenor. Ada 8 orang mahasiswa, termasuk aku, yang mengambil jurusan Conservation and Rural Development. uniknya, ke-8 orang ini berasal dari negara yang berbeda-beda; Macksod dari Bangladesh, Chuvika dari Guyana, Trishant dari India, Cristina dari Columbia,  Kate dari Ireland, dari Indonesia aku sendiri, dan ada dua orang lagi tapi sampai sekarang orangnya belum datang ke Kent. kalau dosen pembimbingnya sendiri orang Inggris, namanya Dr. Helen Newing.

Disini, asal udah kenal, manggil dosen ga perlu pake pak/bu atau Dr/Prof, cukup panggil nama depan. kecuali kalau kita lagi nyari dosen yang bersangkutan dan nanya ke orang, biasanya gelar kita sebut sebelum namanya, misalnya Dr. Helen Newing atau Prof. Stuart. tapi kalau tetap mau sopan ya panggil aja semua dosen dengan gelarnya. 

ketemu dengan dosen pembimbing ngobrol apa aja? tidak terbatas, apa aja yg kita tanyakan. tapi umumnya sih kita ditanya tentang ketertarikan di bidang atau isu apa, pengalaman kerja sebelumnya, dan kira2 proyek utk disertasi nantinya apa? kalau belum ada tahu mau ngapain ya bilang aja belum tahu. tenang, ga bakal dihukum kok kalau ga tahu, heheh. kemudian dosen akan ngejelasin gambaran umum dari jurusan kita termasuk mata kuliah yang wajib, direkomendasikan dan pilihan. untuk mata kuliah pilihan, kita boleh ngambil dari jurusan lain bahkan dari fakultas lain. misalnya, aku kan di fakultas anthropology and conservation, nah bisa ngambil mata kuliah di jurusan anthropology, atau bisa juga ngambil mata kuliah di fakultas hukum atau fakultas bisnis, selama kita memenuhi prasyarat mata kuliah yg bersangkutan dan jadwalnya tidak bentrok dengan mata kuliah wajib. 

beberapa buku bacaan untuk mata kuliah social perspective dan metode riset sosial


selesai ngobrol tentang mata kuliah, baru deh diliatin beberapa buku yang wajib kita baca. yah, sekolah, apalagi level pascasarjana, tuntutan membaca meningkat drastis. disini ga ada yang namanya buku inti atau handout dari dosen, seperti waktu kuliah S1 dulu, jadi musti cepat2 dapat daftar bacaan dan segera ngacir ke perpustakaan buat minjam sebelum keduluan orang lain.

baru ngeliat daftar bacaan untuk satu mata kuliah udah sukses bikin aku pusing, hahahaha. ya sudah setelah itu langsung pulang aja ke rumah, menikmati pemandangan kota Canterbury di sore yang cerah dari balik jendela bus tingkat dua. begitu nyampe rumah, ketemu makanan, daftar bacaan yang panjang itu langsung lupa dan pusing yang tadinya melanda trus hilang =P

area westgate tower - my late lunch



2 comments:

  1. Halo mba,

    Saya Nana, rencananya akan ambil PhD di Kent. Seneng banget bisa ketemu teman dari Indonesia juga.
    Bisakah saya minta email, or nomor telp? supaya bisa ngobrol dan tanya2 tentang Kent & Canterbury.
    Saat ini saya sedang di Nottingham.
    Terima kasih.

    Salam,
    Nana



    ReplyDelete
  2. Halo Nana,
    Di Kent saat ini ada sekitar 15 orang Indonesia, jadi ga akan kesepian :-) ini emailku: mila.redkani@gmail.com

    ReplyDelete