Pages

Friday, February 29, 2008

lagi?

tiap kali onlen, dua situs berita yang selalu aku buka adalah bbc indonesia dan detik. kalau merasa di dua situs itu sudah tidak ada berita yang menarik, aku lalu coba buka kompas. tapi, yang bikin malas dari situs kompas ni, loading ya itu lho.. lama nian. walaupun di kos juga aku selalu dengar berita dari radio trijaya (yang dengan bangga kukatakan aku tidak pernah berpaling ke stasiun radio lain karena rata-rata penyiarnya bawel tapi tidak informatif dan karena terlalu setia, temen-temen yang main ke kos pada protes and langsung mengganti salurannya), tapi akhir-akhir ini aku merasa, radio ini agaknya kebanyakan berita ya? jadi berasa overdosed aku dan merasa rada sebal, kenapa? karena dari pagi sampai sore, beritanya sama ajah, bah, berasa minum obat aja.. dari pagi sampai sore menegak butiran yang sama...

anyway, sementara menunggu hasil download lagu-lagu dari youtube, aku iseng ngecek update berita dari bbc, dan terhenyak.. karena minyak goreng naik lagi! masyaallah... padahal harga pisang goreng dan bakwan sekarang 600perak sebijinya, sekarang berarti musti siap-siap bayar 1000perak hanya untuk satu biji pisang goreng. tega banget, padahal aku ni penggemar berat jajanan itu.

pemerintah (kata bbc lagi) sebenarnya sudah berupaya mengatasi kenaikan harga minyak ini dengan mengenakan pajak ekspor dan mencabut ppn atas minyak goreng curah, tapi ternyata strategi ini tidak cukup ampuh melawan kesaktian CPO di pasar internasional.

yang bikin sebel nih, pemerintah lagi-lagi mengandalkan senjata berkedok subsidi. well. i am against subsidi! karena pola subsidi yang diterapkan pemerintah selama ini sama sekali tidak memihak rakyat bawah. yang menikmati subsidi malahan orang kaya dan berkecukupan (cukup rumah mewah disini dan sana, cukup mobil merci dan terrano, cukup liburan kesana kemari, cukup etc etc). subsidi harusnya hanya untuk masyarakat yang untuk bisa makan dalam sehari pun sampai "berdarah-darah". makanya subsidi tidak boleh diterapkan dengan pukul rata seperti yang selama ini dilakukan pemerintah. kalau orang kaya sih, ngapain dikasih subsidi? keenakan tuh. mustinya mereka yang berkewajiban untuk bantu pemerintah memberi subsidi pada rakyat miskin. sadar gak sih pemerintah dengan hal ini?


No comments:

Post a Comment