Pages

Saturday, February 9, 2008

lukisan picasso dicuri

dua buah lukisan pablo picasso, "tete de cheval" (bergambar kepala kuda) yang dibuat pada tahun 1962 dan "verre et pichet" (bergambar gelas dan teko warna biru dan hijau) yang dibuat tahun 1944, raib, ntah digondol siapa. dua lukisan yang sedang dipamerkan di swiss ini adalah
milik museum sprengel, hanover, jerman. berita ini heboh sekali kedengarannya, sampai setiap penyiar di radio trijaya, baik trijaya network (jakarta) maupun trijaya jogja masih memberitakan hal yang sama. dari berita yang berulang itu juga ketahuan kalau kepolisian negara swiss terhenyak dan tidak dapat menebak sama sekali bagaimana sang pencuri sakti bisa menaklukkan alarm yang ada.
sudah pasti sistem pengamanan (alarm) yang dipasang pastilah yang canggih dan berlapis-lapis, tapi yang jelas sang pencuri sakti jauh lebih canggih karena mampu mengendalikan alarm canggih itu.

wah, aku sama sekali tidak menyangka peristiwa pencurian super canggih terhadap barang-barang seni benar-benar terjadi di dunia nyata, tidak hanya aksi palsu untuk keperluan film-film. aku jadi teringat film the score, yang dibintangi robert de niro dan marlon brando, mereka mencuri tongkat pusaka kerajaan prancis yang disembunyikan didalam salah satu kaki piano. sayangnya piano tersebut jadi sitaan di bea cukai montreal hanya karena barang2 dari kayu yang datang bersamanya ada yang terkena jamur, dan karena petugas bea cukai merasa takut ada jamur atau serangga yang ganas dan bisa menyebar cepat, barang-barang sekelompok itu dibakar, termasuk piano yang disalah satu kakinya bersembunyi tongkat pusaka nan mahal tak terbayangkan bagiku berapa nol yg harus ditempatkan agar bisa mengetahui nilainya dalam rupiah. tentu saja tongkat pusaka itu selamat dan akhirnya dengan upah 6 juta dollar amerika dan rasa solidaritas pada kawan lama, si tua marlon brando, robert de niro memutuskan untuk mencurinya, yang secara langsung juga melanggar satu prinsipnya sebagai pencuri, yaitu, jangan pernah mencuri dikampung sendiri.

nah, bagaimana dengan sang pencuri sakti lukisan picasso? apa motifnya mencuri selain upah jutaan dollar? bagaimana dia melaksanakan aksinya? apakah secanggih robert de niro dalam the score? ataukah se-ciamik aksi ocean11 yang bertabur cowok2 cakep nan maskulin yang tahun kemarin anggotanya bertambah lagi sehingga sekarang mereka ber13? sekencang dan sepuas apa dia tertawa setelah sukses menggondol 2 karya pelukis terkenal dunia? apakah dia sempat memikirkan bagaimana perasaan sang pelukis, pablo picasso, mengetahui lukisannya yang tengah dikagumi oleh penduduk negara terkaya didunia, telah lenyap entah kemana? tahukah dia bahwa saat ini mungkin dia telah dijadikan dewa maha sakti bagi pencuri-pencuri lainnya? dan disaat yang bersamaan, makin bertambah orang yang dengan rasa penasaran tinggi, tengah mencari jejak keberadaannya demi imbalan yang jumlahnya off record, yang telah disiapkan oleh pengelola museum di hanover?

apakah dia telah siap dengan resiko itu, diuber-uber oleh orang2 penasaran diseluruh dunia? apakah engkau telah siap, wahai sang pencuri sakti, menjadi selebriti yang paling terkenal didunia saat ini? karena dengan aksimu itulah, kau sekarang adalah selebriti! hanya satu pesanku, beware of the paparazzi! :-)

1 comment:

  1. harusnya bilang may the light be with you biar dia ga ketangkep paparazzi, soalnya mreka juga susah motret kalo terlalu terang. overexposure :D

    ReplyDelete