Pages

Monday, September 24, 2012

15 September: Registrasi ulang

pesawat Qatar QR005 mendarat di terminal 4 bandara Heathrow, London tepat pukul 7.15 pagi. sarapan pagi yang diberikan satu jam sebelum mendarat tidak kusentuh selain jus jeruknya. mungkin karena terlalu excited sehingga perutku terasa penuh. atau mungkin karena makanannya yang tidak menggugah selera. sekitar 15 menit sebelum mendarat, pesawat melayang-layang di atas kota London. karena duduk di dekat jendela aku jadi bisa melihat London Eye, Sungai Themes, Gedung Parliament, rumah-rumah yang atapnya seragam warna merah marun, dan stadion yang dipergunakan saat Olimpiade yang baru saja berlalu.

kala di udara - menanti pagi dan melayang-layang

semua penumpang berjalan melalui koridor yang panjang sebelum akhirnya tiba di bagian imigrasi. untuk pelajar, ada line antrian sendiri dan sebelumnya kami harus mengisi dua lembar kertas yang dilampirkan bersama paspor. saat mengantri aku mulai merasa tegang. tegang karena dari yang aku baca, imigrasi di UK sama ketatnya dengan imigrasi di US. parahnya, kalau petugas imigrasi menganggap kita tidak bisa berkomunikasi/berbahasa inggris setelah beberapa pertanyaan yg dia ajukan, maka bisa saja kita ditolak masuk dan visa pelajar kita pun tewas., huaaaaaa serem. ternyata... tidak sampai 1 menit aku sudah lolos., yuhuuu! hanya ditanya, kamu mau ngapain? aku jawab, mau sekolah. ditanya lagi, sekolah dimana? aku jawab, di university of kent. gampang banget kan. bahkan tidak diminta nunjukkin foto rontgen seperti yg banyak diceritakan oleh beberapa alumni. tapi yang paling mantap adalah bagian custom atau bea cukai... ga ada pemeriksaan sama sekali! keluar begitu aja ga ada screening atau apapun. katanya sih ada, tapi memang random. huaa tau gitu bawa gogos dan otak2 deh.., mana nunggu bus ke Kent lama......

saat nunggu bus, barenganku ada namanya Tricia pelajar dari Malaysia yang akan S1 di Uni of Kent juga. Dia ditemani bapaknya dan semua biaya dibayar sendiri alias ditanggung bapak ibunya..hwaaa orang kaya! kalau aku mana mungkin seperti itu. syukur banget deh aku dapat beasiswa.

bus antarkota disebut coach. klo bus aja itu untuk dalam kota. dari London ke Canterbury di Kent waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 30 menit. matahari bersinar dengan cerah, tapi udara di luar sungguh dingin. aku pikir negeri seperti Inggris ga bakal ngelihat sampah yang tidak di tempatnya. ternyata ada juga lho sampah di pinggir-pinggir jalan.

coach langsung membawa kami ke kampus. berhentinya di gedung "the registry" aku pikir registrasinya bakalan disini ternyata di gedung sport center. mungkin karena banyak jadi dipindahin ke ruangan dengan kapasitas yang lebih besar.

setelah ngantri beberapa saat, paspor dimintain trus dicariin kartu ID. ini adalah hari dimana aku resmi menjadi pelajar di University of Kent. check out my ID card... awesome, isn't it? =D

2 kartu sakti selama di Kent - kartu mahasiswa dan kartu bus

trus sama Greg, dari Indonesia juga, tapi dia program pertukaran pelajar Erasmus Mundus, kami ke stand Learning and Development, bagian yang tidak hanya membantu pelajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris tapi juga keseluruhan proses perkuliahan, seperti bagaimana notes taking yang efektif, bagaimana mempersiapkan diri untuk seminar sampai ke essay. mantapnya lagi, ini semua cuma-cuma atau gratis! aseeekk. trus ada juga bagian foreign languages yang bayarnya 175 Pounds per paket/bahasa. kalau mau belajar bahasa asing, pilihannya: bahasa jepang, arab, mandarin, spanyol, perancis, rusia... duuh pilihannya bagus2, aku bingung pilih yg mana..


setelah beres registrasi trus beli bus pass. katanya sih lagi promo, jadi harganya 160 Pounds untuk bus pass periode 15 September 2012-15 Juni 2013, berlaku untuk semua stagecoach bus yang melayani rute di seluruh East Kent. hmm, rencana awal memang aku bakalan ngepit, nyepeda seperti waktu di Jogja dulu., sepedanya udah dapat, warisan dari mas lukman, tapi tetap butuh naik bus nih apalagi kalau udah hujan dan dingin dan sepertinya akan terjadi mulai minggu depan...


No comments:

Post a Comment