Pages

Monday, October 22, 2012

pilih Bank yang mana?

Mahasiswa baru dan sekolah di Inggris? ahh itu saya 4 bulan yang lalu. Dan sebagai mahasiswa baru satu hal yang musti segera dimiliki adalah rekening bank. Pertanyaannya adalah dengan begitu banyak pilihan Bank yang bertebaran di negeri Ratu Elizabeth II ini, yang mana yang paling sesuai untuk mahasiswa yang studi dan hidupnya bergantung pada beasiswa? sebelum memutuskan Bank yang dipilih tentu kita musti punya satu atau dua kriteria Bank ideal. Bagi saya pribadi, cukup satu satu kriteria saja, yaitu tanpa biaya admin untuk transaksi apapun; ambil uang di ATM, transfer ke rekening Bank berbeda, admin bulanan, belanja online dan sebagainya.

Tadinya saya berpikir Bank ideal itu tidak exist. Berdasarkan pengalaman dengan Bank di Indonesia, bahkan Bank yang kelihatannya banyak digunakan oleh mahasiswa atau pedagang level mikro, tetap saja menerapkan biaya untuk satu atau beberapa transaksi tertentu atau sekedar biaya administrasi bulanan, yang membuat saya sering tak dapat berkata-kata kala melihat buku tabungan karena biaya admin bulanan lebih besar dibandingkan bunga tabungan *nangis


Tapi, Bank yang saya impikan itu ternyata ada! cihuyy.. dan saya tidak perlu mengunpulkan informasi sebelumnya karena mas Lukman, mahasiswa Indonesia yang telah lebih dahulu belajar di Inggris, menyarankan untuk membuka rekening Basic Account di Bank Natwest. Awalnya saya sedikit ragu apakah Natwest adalah Bank ideal yang selama ini saya cari (cuilee, macam nyari lelaki ideal saja :p) bukan karena saya kena charge pas belanja offline dan online atau kena biaya bulanan, tapi karena rata-rata teman saya yang juga belajar di Inggris punya rekening di Bank Llyods TSB. Tentu saya bertanya-tanya dong alasan apa yang membuat mereka memilih Llyods dibanding Natwest? tapi, tidak pernah saya nggagas untuk tanyakan ke teman-teman karena malas, hehehe jangan ditiru alasannya ya.

Daaan ternyata memang tidak perlu saya tanyakan karena yang beginian lebih afdhol kalau dibuktikan. Kebetulan teman saya satu jurusan juga pake Llyods dan waktu ngobrol tentang rumah kos masing-masing dan bagaimana pembayaran kami lakukan, temanku itu musti pake cek supaya tidak kena biaya administrasi yang kabarnya cukup tinggi karena beda Bank, kemudian cek dikirim lewat pos. Sedangkan saya dengan Natwest hanya perlu transfer biasa atau pakai standing order tanpa biaya administrasi satu pence pun, ke Bank manapun yang beroperasi di Inggris, dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor Bank terdekat, atau online tatkala tidak ingin keluar rumah karena udara terlalu dingin atau salju yang membuat jalanan licin.

Jadi, kalau ada yang masih bingung memilih Bank yang mana di Inggris, saya rekomendasikan Natwest deh. Untuk basic account ga ada bunganya memang, tapi yang paling penting tidak ada potongan dari Bank diluar pengeluaran yang dilakukan. Nyaman kan? :-)

No comments:

Post a Comment