Pages

Saturday, October 13, 2012

Canterbury Festival


Canterbury, meski kotanya kecil dan kalah tenar dibanding kota Liverpool atau Manchester, selalu ada hal menarik yang ikut meramaikan kota berpenduduk lebih dari 43 ribu jiwa ini, satu diantaranya adalah festival tahunan yang bernama Canterbury Festival. Festival seni dan budaya ini merupakan yang satu event yang cukup penting dan besar di seluruh region Southeast England. Festivalnya sendiri berlangsung selama 2 minggu di bulan Oktober dan berisi beragam pertunjukan mulai dari musik, drama dan banyak lagi. Timingnya emang pas banget nih di awal semesteran, seakan menyambut mahasiswa-mahasiswa baru yang numpang belajar di kota ini. 


Tiap tahun penyelenggara Canterbury Festival berganti. Kalau tahun ini penyelenggaranya adalah CCCU alias Canterbury Christ Church University, maka tahun depan penyelenggaranya adalah...emm belum tahu, heheh. Teman rumahku, Verena, dari Jerman yang kuliah di CCCU termasuk panitia kegiatan ini. Maka diantara kuliah dan tugas yang menumpuk, dia musti meluangkan waktu untuk menjalani tugasnya. Wah jadi ingat masa kuliah dulu., eh sekarang juga lagi kuliah ding :p, maksudnya waktu kuliah di Jogja, dan dengan kesibukan yang seabrek campuran antara kuliah, berorganisasi dan panitia sana-sini. 


diantara bapak 3 ini ada yg mirip uncle Vernon dr HarryPotter

Anyway, beberapa acara di festival ini gratis, termasuk parade pembukaan pada sabtu 13 Oktober. Jadilah saya bersama beberapa teman Indonesia ngumpul di depan katedral menyaksikan paradenya. seru!! dan cuaca juga mendukung karena sinar matahari meski agak malu-malu awalnya, mulai berani untuk tampil penuh ketika rangkaian parade melewati katedral. ahh jangan2 mataharinya pengen ikutan nonton juga nih, hehe. 


Setelah paradenya lewat dan kebetulan kami ada depan pintu masuk kathedral, kami pun lanjut main ke kathedral. kebetulan juga beberapa orang termasuk saya sendiri belum pernah masuk kathedral ini. oh ya, kathedral ini adalah landmark atau ciri kota Canterbury dan bagi pelajar, untuk masuk kathedral cukup menunjukkan kartu pelajar saja tidak perlu bayar., kewren.

Canterbury Cathedral yang megah

Sekilas tentang kathedral Canterbury ini, cerita yang saya dengar dari mas Lukman, orang Indonesia yang baru saja menyelesaikan kuliahnya di Uni of Kent, pendeta dari kathedral ini yang bertindak sebagai pendeta pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Kalau lihat dari sejarah kathedralnya sih ga heran ya, soalnya kathedral ini disebut sebagai Mother Church of the Anglican Communion and Seat of Archbishop of Canterbury. selain itu, kathedral ini ternyata salah satu situs warisan dunia. Selain sebagai tempat beribadah, kathedral ini juga sebagai tempat wisata jadi selalu ramai dikunjungi. sebenarnya kathedral ini multi fungsi sih, soalnya jadi tempat untuk wisuda mahasiswa Uni of Kent. maaf ya saya lagi kurang mood untuk nulis lebih banyak tentang kathedral, pengen sih, tapi belum nemu nih mood yang pas. oleh karena itu, bagi yang berminat mencari tahu tentang kathedral Canterbury ini sila tanya ke mbah google atau kesini aja. :-)



Mobil pengantinnya lucu ya

Kami tidak lama tinggal di kathedral., sebenarnya cuma numpang foto aja di halaman abis tu langsung cabut karena rasa lapar telah melanda dan musti cepat2 nyari tempat makan karena setiap akhir minggu pusat kota selalu saja ramai.

Hana, Greg, Adi & Kevin



No comments:

Post a Comment