Pages

Monday, November 9, 2015

Download e Book Gratis

Update Update Pembaharuan Informasi..!

Untuk alamat situs penyedia buku (ebook) gratis silakan kesini ya: 

Tersedia sejuta+++ buku dari berbagi genre, dari yang serius sampai yang melankolis, bahkan komik Detective Conan pun ada (tapi serinya ga lengkap sih, hehe)! 
Contoh tampilannya seperti di bawah ini ya. Yang paling seri ketemu filenya dalam versi PDF dan EPUB jadi tinggal pilih format file yang diinginkan. 



Buat yang suka baca dan senang buku gratisan, seperti saya, ada beberapa situs yang menyediakan buku gratis. Tapi ini khusus yang format ebook ya, yang bacanya melalui ebook reader: kindle, kobo, nook, iPad, google play book, dan semacamnya. Sebelum klik tombol 'download', pastikan jenis file yang dipilih sesuai dengan ebook reader yang dimiliki. Misalnya jenis file epub untuk Kobo, Nook, iPad, Sony Readers.
Langsung aja ke alamat situs2 penyedia ebook gratisan ya.

1. http://tuebl.ca/ --> sayangnya sekarang sudah bukan tempat ngunduh buku2 gratis lagi. Sila lihat bagian atas untuk tempat buku-buku gratisan. 

Situs ini pertama kali saya ketahui pada tahun 2013. Saat itu saya sedang mesra2nya dengan Kobo, ebook reader yang pertama kali saya beli. Dalam hati saya berharap, semoga dia seperti jodoh, satu untuk selamanya.. jiyaaaah.
Ok, karena baru pertama kali punya ebook ereader jadi maunya bacaaa terus dan maunya punya buku yang banyak sekaligus. Sebenarnya ini pelarian juga sih karena saat itu saya sedang mumet2nya dengan perkuliahan. Baru kali ini rasanya otak serasa diperas, tiap hari tiap saat kudu baca artikel ilmiah, ngerjain tugas dan masuk kelas! karena khawatir kalo dipaksa terus otak ini jadi sedeng, jadilah dia saya alihkan dengan..... shopping! hahah.. yah walaupun belanjanya jadi itu tu si Kobo, the ebook reader.

Kembali ke situs tuebl.ca
Untuk mendapatkan ebook disini caranya gampang banget. Setelah berhasil masuk ke situsnya, di barisan 'Bar' nya pilih aja 'search' atau 'browse'. Bisa pake judul buku, judul seri ataupun penulisnya. Setelah ketemu buku yang dicari, tinggal cari tombol 'download' deh. Saya baru aja download bukunya J.K. Rowling yang The Story of Dolores Jane Umbridge :-).

Koleksi buku di situs ini sangat banyak tapi ya jangan berharap terlalu tinggi juga karena yang namanya gratisan, biasanya buku2 yang baru terbit/liris belum masuk disini. Tapi jangan khawatir, kamu cukup bermodalkan kesabaran maka 3-6 bulan, cek lagi aja di Tuebl siapa tahu udah ada.

2. https://archieve.org --> sayangnya sekarang sudah bukan tempat ngunduh buku2 gratis lagi. Sila lihat bagian atas untuk tempat buku-buku gratisan. 

Bulan Agustus silam, entah mengapa tuebl lagi ngadat, mungkin servernya lagi down atau pada saat yang bersamaan terlalu banyak orang yang download buku. Padahal kebiasaan saya abis nyari rekomendasi buku untuk  dibaca, pasti bawaannya ngotot untuk dapatkan buku itu, bagaimana pun caranya, gratisan tentu tetap prioritas (hahah ga modal). Setelah beberapa menit berselancar di dunia maya mencari beberapa buku berdasarkan BBC's 100 books of all time, tibalah saya di situs ini. Situs ini luar biasa baiknya. Berbagai jenis file; ebook, lagu, video, bahkan software tersedia disini dan gratis.Singkatnya mungkin seperti ini: you name it, they have it. Saya pun sampai ternganga melihat betapa variatif & lengkap koleksinya (ternganga ini kata dalam bahasa indonesia bukan sih? haha). File undang-undang atau naskah-naskah lama sepertinya juga ada disini.

Di archieve ini saya mendapatkan antara lain buku Moby Dick dan The Catcher in the Rye.


3. goodreads --> yang ini masih menyediakan buku gratis. sila berselancar dan mencari, jika ada berarti jodoh, jika tidak berarti cari di tempat lain ya atau minjem ke teman.

Ini adalah situs ketiga yang baru beberapa bulan lalu saya tahu menyediakan ebook gratis. Biasanya saya main kesini kalau mau nyari referensi buku lokal, alias karya anak bangsa. Saat itu saya sedang nyari resensi untuk trilogi Bekisar Merah milik Ahmad Tohari. Karena buku Ahmad Tohari ini sudah sejak lama saya cari tapi belum ketemu juga. Nyari di Gramedia toko, seringnya ga ada, nyari di gramedia online, belum dicetak lagi (pantes ga ada di tokonya). Nyari di periplus toko dan online ga ada juga (ya ini sh patutlah wong toko ini jualannya buku2 tulisan luar yang berbahasa inggris itu). Nyari di Bukalapak, ada yang sih ketemu tapi hanya 1 buku dari Trilogi, ntar saya bacanya nanggung klo selesai buku 1 tapi buku 2 dan 3 belum nemu, bisa penasaran sepanjang waktu saya. Lalu saya pun iseng ke goodreads, mau liat ratingnya. Eh ternyata saya malah dapat Trilogi Ahmad Tohari yang lain, Ronggeng Dukuh Paruk, dalam bentuk ebook (file PDF), gratis! sejak itu lah saya tahu bahwa Goodreads juga menyediakan ebook gratisan. Dan senangnya, kalau di tuebl maupun archieve saya belum pernah sekalipun nemu ebook dari karya orang Indonesia, di Goodreads ini yang ada.

Tampilannya seperti ini. Lihat apakah tersedia pilihan "Download eBook". EBook bisa didapatkan tanpa harus punya akun goodreads. 




Biar ndak dibilang PHP, saya mau ngasih tahu bahwa jangan berharap maksimal ya pada situs-situs ini. Kalau pas buku yang dicari ada di diantara ketiga situs ini, ya berarti memang sudah rezeki, tapi kalau ga, ya berarti kudu beli, atau pinjam punya teman/perpustakaan.  

Selain situs ebook gratisan, bagi pengguna ebook redear mungkin tertarik dengan Calibre. Ini adalah software pengelola ebook reader. Disini juga ada converternya, jadi misalnya mau baca artikel atau buku tapi masih dalam format pdf sementara reader yang dimiliki Kobo, filenya bisa langsung dikonversi ke format epub file. Untuk mendapatkan software ini cukup di googling ajah trus tinggal download software pada situs yang menyediakan. Dan seperti halnya ketiga situs di atas, software ini juga gratis. Saya menggunakan Calibre ini agar dapat membaca beberapa artikel ilmiah yang umumnya dalam bentuk PDF di Kobo saya. Selain hemat kertas hemat tinta banget, saya tidak perlu selalu bawa kamus terpisah karena Kobo sudah punya built in dictionary, artinya punya kamus yang tertanam di devicenya. Jadi mau baca bahan untuk tugas essay bisa dimana aja tanpa harus rempong.


Sekian sharing dari saya.
Selamat mengunduh buku dan selamat membaca :-) 




No comments:

Post a Comment