Pages

Sunday, January 7, 2024

Resolusi Tahun 2024: 40s to 40

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tahun 2024 aku punya resolusi. Tahun ini menurutku memang spesial karena di bulan April nanti aku akan berumur 40 tahun, insyaallah. Big number. Bagi sebagian orang umur ini udah masuk kategori sedikit tua. Bagi UN (United Nations) usia ini mah masih muda, wong batasnya sampai 60 tahun! Dulu aku sering dengar atau bahkan sekarang pun masih ada yang sering bilang, bahwa life starts at 40, hidup (yang sesungguhnya) di mulai saat seseorang berumur 40 tahun. Ntah apa yang penyebab kalimat populer ini. Mungkin ya pada usia inilah sebagian orang atau kebanyakan orang melakukan refleksi atas kehidupannya; apa yang sedang dilakukan, menuju ke arah mana, apakah kehidupan yang dijalani sekarang cukup dinikmati atau tidak, apakah semua daftar keinginan sudah tercapai, apakah sepanjang hidup sudah cukup bermanfaat, bagaimana dengan masa selanjutnya, pindah/ cari kerja baru atau bertahan di tempat sekarang, ganti profesi atau pensiun, biaya anak kuliah, cicilan kpr masih 5 tahun lagi, dll dsb. 

Terus terang aku sendiri belum sedalam itu memikirkan aka belum refleksi sama sekali. Well, sejujurnya ada sih; ya udah mulai mikir pensiun nanti mau ngapain, kapan baiknya pensiun, pensiun tinggal di mana (maunya sih dekat pantai), jadi mau sekolah S3 atau tidak, berapa lama lagi kerja kantoran.. (lah ini sih ga bisa dibilang sedikit ya). Kayaknya yang beginian ga bisa dihindari sih, terjadi aja, muncul aja gitu di pikiran. 

Mari kembali ke resolusi. Karena tahun ini angka umurnya adalah 40 jadi biar ngepas aku kasih tema: 40s to 40. Aku berencana melakukan hal-hal berikut: 

To be completed before I reach 40 years old (by 22nd of April):

1. Lari 40 Km 

2. Berenang dan bersepeda masing-masing 4 Km 

3. Berpuasa sunnah 12 hari 

4. Membaca 4 buku (buku yang mulai dibaca di tahun 2024 - fiksi dan non fiksi)

5. Mengurangi berat badan 4 Kg 

To be completed until end of 2024: 

6. Melanjutkan berenang dan bersepeda sampai masing-masing 40 Km

7. Melanjutkan puasa sunnah sampai 40 hari

8. Trekking di hutan 40 Km

9. Melanjutkan baca 8 buku

10. Menulis 4 artikel ilmiah untuk dimuat di jurnal

11. Maintain the weight lost in the 1st quarter

Masih ada 1 lagi tapi yang ini sebaiknya tidak usah aku tuliskan supaya tidak riya'. 

Jadi tidak semuanya 40 melainkan ada yang kelipatan 4. Kurang ambisius? ah itu kan menurut situ, menurut eike ini udah keren. Tinggal eksekusinya aja nih bisa tetap keren atau tinggal kenangan, hahaha. Doakan ya, pemirsa! 😁 



No comments:

Post a Comment