Pages

Monday, December 9, 2013

Pesan Konservasi Dalam Kemasan Produk

Sore ini di atas meja saya ada satu kaleng minuman bergambar Badak dengan dua cula. Badak bercula dua berarti Badak Sumatera, sedangkan Badak bercula satu adalah Badak Jawa.

Ini adalah kali kedua saya menerima minuman tersebut sejak saya mulai bekerja kembali di sebuah kantor di Jakarta Selatan

Mungkin karena perusahaan pembuat minuman ini ada kerja sama dengan organisasi tempat saya bekerja, maka kami pun menerima minuman kaleng tersebut.

Saya memutar-mutar kaleng tersebut. mencari pesan konservasi yang mungkin tersedia diantara informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat yang ditawarkan oleh minuman tersebut. Sayang, pesan konservasi yang sempat saya bayangkan ada di satu bagian di kaleng itu tidak dapat saya temukan karena memang tidak ada disitu. Padahal setahu saya, perusahaan minuman tersebut telah beberapa kali mengiklankan bahwa penggunaan gambar di kemasan produk minumannya salah satunya sebagai bentuk dukungan terhadap konservasi Badak Jawa.

Tapi mungkin mereka lupa, bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki TV untuk dapat menonton iklan tersebut. Pun jika mampu, ada orang-orang yang memilih untuk tidak menonton TV atau program TV swasta nasional, tempat iklan tersebut ditanyangkan, dengan berbagai alasan.

Dan saya rasa karena kami yang mendorong program konservasi Badak ini ke perusahaan tersebut, semestinya kami tidak perlu menerima produk minuman bergambar Badak itu. Saya yakin akan lebih bermanfaat jika minuman ini dibagikan kepada orang-orang yang masih asing dengan isu konservasi Badak. Tidak perlu ke perusahaan sih, tapi ke komunitas-komunitas yang fokus isunya bukan lingkungan.

Tapi sebelum dibagikan kepada mereka, hendaknya perusahaan mungkin dengan bantuan organisasi saya, menyantumkan pesan konservasi Badak Jawa, sehingga tidak sekedar beramal dengan membagi minuman, melainkan target yang lebih utama yaitu menyebarkan pesan konservasi Badak, dapat lebih tercapai. Sebagai bandingan, saya masukkan juga contoh dukungan merk makanan kucing untuk mendukung konservasi Harimau.



No comments:

Post a Comment